Pages

Rabu, 03 April 2013

Mesin mobil mati mendadak saat melintas diatas rel kereta api.. Mengapa bisa terjadi?

Gambar kecelakaan kereta
Pernahkah anda mendengar berita yang mengabarkan kecelakaan mobil yang ditabrak oleh kereta yang tidak lain penyebabnya karna mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel dan tidak dapat di-stater lagi? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? baiklah pembaca, sebenarnya masalah tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah..Begini, Rel terbuat dari bahan penghantar listrik yang paling baik yaitu baja, maka dari itu aliran listrik akan terhantar dengan sangat baik pada rel. Pertanyaannya darimana sumber aliran listrik yang berada pada rel? Ok, di perkeretaapian jaman sekarang, sistem persinyalan sudah dilakukan dengan sistem elektris-mekanis. artinya sinyal listrik diubah menjadi gerak. Jika jaman dulu, hanya ada sistem mekanik saja. Kemudian apa gunanya sistem persinyalan tersebut? Ok, misalkan contohnya: sebuah kereka ingin pindah jalur atau ingin berenti di suatu peron pada sebuah stasiun, kemudian si masinis akan berkomunikasi dengan petugas yang mengurusi traksi di stasiun tersebut, misal si masinis ingin berhenti di peron X, maka kereta tsb akan diarahkan oleh petugas traksi ke peron X dengan cara menyambungkan jalur yang sedang dilewati oleh kereta tsb ke jalur yang diinginkan (ingat, masinis tidak bisa membelokan keretanya, hanya bisa maju dan mundur serta mengendalikan kecepatan), kemudian sinyal-sinyal elektrik yang digunakan oleh alat pemindah jalur rel itu bukan dialirkan melalui kabel, melainkan melalui rel tsb.

Gambar pemindah jalur rel
Kemudian kegunaan persinyalan lainnya adalah pada palang pintu KA otomatis, jadi prinsip kerjanya, palang pintu KA akan menutup secara otomatis tanpa ada penjaga pintu KA yang mengaturnya. cara kerjanya sensor dipasang pada rel beberapa ratus meter sebelum pintu perlintasan KA, jika ada kereta yang melewatinya, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada aktuator yang berada di dalam pintu KA otomatis, kemudian pintu akan tertutup.

Ok setelah kita sedikit berputar-putar untuk mengetahui mengapa ada arus listrik pada rel, kita balik lagi ke pembahasan awal yaitu mengapa mesin mobil bisa mati mendadak dan tidak dapat di stater lagi saat berada diatas rel, umumnya hal tersebut dapat terjadi pada pelintasan KA yang tidak berpalang pintu. Jika rel akan dilewati oleh kereta, maka rel akan mengalami getaran yang dihasilkan dari kereta, semakin dekat keretanya maka semakin besar frekuensi getaran yang dialami oleh rel. Telah kita ketahui sebelumnya jika rel memiliki muatan listrik, maka muatan-muatan listrik juga akan ikut bergetar akibat getaran yg dihasilkan oleh kereta dari kejauhan sedemikian sehingga muatan listrik pada rel akan mengalir semakin cepat dan akan membentuk medan magnetik di sekitar rel, makin dekat keretanya maka medan magnetik yang dihasilkan oleh rel juga semakin besar kekuatannya karena getarannya makin besar. Pada sebuah mobil memiliki suatu komponen yang bernama starter dinamo, prinsip kerja dari starter dinamo yaitu menggunakan prinsip medan magnetik. jika medan magnetik pada starter mobil tersebut terganggu oleh medan magnetik dari rel kereta api yang kekuatannya lebih besar, maka dinamo pada starter mobil tidak dapat berputar. dampaknya mobil akan mogok dan sulit untuk di starter kembali.

Gambar starter dinamo
Maka dari itu, jika kita melewati perlintasan KA yang tidak berpalang pintu sebaiknya jangan langsung di sebrangi, lihat kiri dan kanan, karena kita mungkin saja tidak tahu ada kereta yang akan melintas namun sudah dekat, jika sudah terlanjur terjebak alias mesin mobil mati mendadak di atas rel, jangan panik dulu. coba dengan menekan klakson tanpa dilepas dan sambil terus mencoba menstarter mobil anda.. terus lakukan hingga mesin mobil berhasil menyala. Gelombang dari klakson mobil anda dapat menjadi penghalang untuk medan magnet yang berasal dari rel, sehingga medan magnet dari rel tidak dapat masuk ke area mesin mobil anda. Jika cara tersebut tidak berhasil juga, segeralah keluar dari mobil anda karena jika mobil bisa dibeli tetapi nyawa tidak dapat dibeli.

Penulis: Perdana Achmad. P

1 komentar: